Selasa, 17 Agustus 2010

BIAR JADUL TETEP FIT

Tips Agar Komputer Awet
>>>Assalamualaikum wr.wb<<<
Perawatannya untuk hardware :
---1. Usahakan menggunakan UPS (uninterrupted power supply) atau stabilizer (stavolt) yang berfungsi untuk mengantisipasi listrik yang mati tiba-tiba, yang bisa merusak hardware, atau untuk mengantisipasi tegangan listrik yang tidak stabil.
---2. Speaker. Jangan meletakkan speaker terlalu dekat dengan monitor. Karena medan magnet yang ada pada speaker akan mempengaruhi kinerja monitor.
---3. Harddisk. Usahakan untuk men-defrag harddisk secara periodic, misalkan sebulan sekali, dan jangan terlalu sering karena piringan harddisk bisa rusak dan cepat panas ketika terlalu cepat membaca isi fragmentasi file di harddisk. Defragmentasi berguna untuk mengatur dan memampatkan file di harddisk sesuai ukuran file dan jenisnya. Hal ini berguna untuk mempercepat kinerja harddisk ketika akan membaca dan menulis file, juga memperpanjang umur harddisk. Untuk menjalankan defragmentasi ini bisa langsung ke system tool di Accessories, dan sebaiknya screensaver dimatikan lebih dulu, agar tidak menganggu proses defragmentasi.
---4.CPU dan komponenya. Usahakan untuk membersihkan motherboard, keyboard, mouse, casing CPU, monitor, dan peripheral lainnya (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner, dan sebagainya) dari debu dengan sikat halus/ kuas, paling tidak 6 bulan sekali.
---5.Sirkulasi udara dalam ruangan yang terdapat computer, harus lancar. Ruangan ber AC lebih bagus, biar dingin… he..he.., karena jika komponen dalam CPU terlalu panas akan sangat berpengaruh pada kinerjanya.
---6. Keyboard, jangan lupa di bersihkan, waktunya ya minimal 1 bulan sekali, atau jika sudah terlihat kotor. Jangan sampai kena air ya..
---7. Mouse, sekarang banyak yang memakai mouse optic, usahakan gunakan mouse pad yang gelap, biar kinerjanya OK..
---8. Bila computer tidak digunakan, tutuplah monitor biar tidak terkena debu, tapi bila digunakan buka tutupnya ya, agar monitor tidak kepanasan.
Hmmm…. Apalagi ya..
Cukup dah… insyaallah itu bias membuat computer kita jadi lebih awet..
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar