Rabu, 18 Agustus 2010

PENGERTIAN DAN JENIS MONITOR

---Assalamualaikum
---Monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar seperti TV yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tapi ana membedakannya dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Dan itu di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :
# monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
# gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
# Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).
---Hm,…kemudian seperti sebuah televisi, monitor jg memiliki ukuran layar, ukuran layar adalah perbandingkan lebar dalam satuan inci. Jarak antara satu sudut dengan sudut berlawanan lainnya. Pada umumnya ukuran minimal dari sebuah layar monitor adalah 14 inci, Sedangkan untuk monitor yang berkukuran 16 inci atau bahkan lebih sering disebut dengan monitor yang berlayar penuh.
---Selain itu berdasarkan ukuran, monitor pula dapat berbentuk portrait atau ukuran tinggi lebih besar dibandingkan dengan ukuran lebar atau dalam bentuk landscape ukuran lebar lebih besar dibandingkan ukuran tinggi. Monitor landscape (nyebutnya wide,.. kalau gak salah) bahkan kadang sampai dapat menampilkan dua halaman penuh yang saling berdampingan satu sama lain.
---Kemudian, Resolusi dari monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada, Pada umumnya, semakin banyak pixel (sering di ungkapkan dengan titik per inci), semakin tajam hasil gambar yang dapat ditampilkan. Banyak monitor saat ini sudah dapat menampilkan 1024 hingga 764 pixels, untuk penggunaan kartu grafis standar. Beberapa model monitor high end sudah dapat menampilkan 1289 hingga 1024, atau bahkan 1600 hingga 1200 pixel.
---Wah rumit gak ya,.. sedikit dulu ya,.. BERSAMBUNG,.. kalau kebanyakan nanti ana bingung.. hehe… semoga bermanfaat
Wassalamualaikum,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar