Rabu, 18 Agustus 2010

Sambungan CMOS BATTERY..

---Screenshoot BIOS
---Assalamualaikum,..
---Saat antum menyalakan computer, pertama kali akan tampak sebuah screen yg memberikan waktu beberapa detik bagi Anda untuk dapat mensetting BIOS dikomputer. Tampilan tersebut hanya berlangsung kurang lebih sekitar 5 detik (kalau komputernya gak Jadul) sebelum komputer meload Windows atau sistem operasi lainnya. Antum dpt masuk BIOS dengan menekan tombol DEL atau F2 (itu yang umum digunakan untuk masuk BIOS).
---Oleh karena fungsi BIOS yang cukup penting dalam komputer, maka peranan baterai CMOS yang mensuplai tenaga bagi BIOS untuk bekerja jd ikut penting. Meskipun baterai CMOS telah habis, BIOS masih dapat bekerja dengan settingan lama tanpa bisa diubah-ubah.
---Jadi, jika BIOS sudah tidak dapat lagi melakukan tugasnya secara normal, kemungkinan perubahan-perubahan yang ada pada komputer, terutama untuk pengenalan hardware-hardware baru tidak dapat dilakukan. Misalnya antum mo pasang komponen baru dikomputer (VGA misalnya), maka mainboard tidak dapat mengenali komponen tersebut dan dianggap tidak ada. Atau , ketika antum mau melakukan perubahan pada settingan BIOS seperti perubahan pada Bootable Device, maka setelah komputer direstart, settingan akan kembali pada settingan semula. Biasanya akan muncul tampilan pada screen bahwa setting BIOS erorr, dan antum tidak dapat langsung membooting Windows, biasanya menekan tombol F1 atau F2 untuk melanjutkan booting.
---Daya tahan baterai CMOS sekitar 5 tahunan (ada juga yang Cuma 1 tahun). Cara ampuh untuk mengetahui baterai CMOS sudah habis dayanya adalah dengan menempelkan baterai tersebut pada lidah Anda, jika ada sengatan kecil maka baterai masih ada dayanya, jika tidak maka baterai harus segera diganti. (Dijilat,.. dan bandingkan dengan es cream,.. xixi..)
---Semoga bermanfaat
---Wassalamualaikum,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar