Rabu, 18 Agustus 2010

Software Komputer

---Assalamualaikum,..
---Kebanyakan orang membagi komputer menjadi dua bagian (lebih jg gpp, beda,.. boleh kan,..) :
1. Hardware yang merupakan perangkat fisik
2. Software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.
---Bila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata,telinga, tangan, kaki,dll, sedangkan software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan mengarahkan kaki untuk berjalan menuju suatu tempat.
---Hardware Komputer Cuma ngerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
---Software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan Bahasa Pemrograman (bahasa apa itu ya,.. mungkin mirip bahasa isyarat). Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman. Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh computer (kalau computer gak ngerti bahasa antum, wah,… bisa acak-acakan toch..). Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
---Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware...
---Hm,… asik nih,.. bahasannya serba intelek, biar orang pada nyangka ana nih orang pintar (bukan dukun lho,…)… Bersambung ya…Hehe…he…
---Semoga bisa bermanfaat,..
---Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar