Rabu, 18 Agustus 2010

Virus dan Mata-mata 2

Assalamualaikum
AGAR KOMPUTER TERHINDAR VIRUS DAN SPYWARE
1. Hati-hati pada Attachment Email Anda
Jangan membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan apalagi ya,… ad aide..???
2. Install security Software Terbaru
Pastikan komputer antum terinstall 3 jenis software keamanan utama dan terpasang dengan setting yang otomatis mengamankan komputer tanpa harus menyalakan terlebih dahulu. Mereka adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar.
3. Jangan sembarangan install Software
Hati-hati terhadap software yang antum isntall baik yang dibeli dari cd bajakan di toko-toko cd, dari download di internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang antum pasang tanpa antum sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal antum tidak akan kehilangan data
4. Awasi Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda
Jika komputer dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer. Misalnya memukuli computer antum, membakarnya, menginjak-injak, dll. Hehe.. Antum dapat membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang dapat antum seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak diduga bisa saja menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan data yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa antum gunakan.
5. Waspada Selalu
Jika merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada computer, segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Kemudian jalankan anti virus, anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan dengan baik dan semestinya. Apabila mendapatkan pertanyaan untuk menginstall software dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah.. atau setengah matang. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall antum…
Kalau dah terlanjur kena gimana cara perbaikannya,… hmmm.. sebentar ana carikan dulu jawabannya,… hehe bersambung brooo
Semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar