Rabu, 18 Agustus 2010

Mouse optic dan Laser Mouse

Assalamualaikum wr.wb
Mouse (tikus) yang akan kita bahas bukan binatang ya,.. tapi perangkat computer yang biasa kita pegang untuk menggerakkan kursor,..
Sebenarnya mouse ada 3 jenis : mouse bola, mouse optic dan mouse laser. Tetapi saat ini keberadaan mouse dengan bola sudah tidak popular. Selain itu karena semakin murahnya mouse optic maka kiranya hanya 2 jenis mouse yang paling popular ini saja yang kita bahas.
Mouse optic
Dikenalkan pertama kali pada tahun 1999 oleh Agilent Technologies, bekerja berdasarkan metode pencitraan dimana sebuah sensor opto-elektik yang sangat peka bertugas untuk menangkap setiap gambar yang berhasil ditangkapnya. Sensor ini ditemani oleh sebuah LED ( light emiting diode ) yang senantiasa menerangi setiap detil dari citra yang akan ditangkap oleh sensor tadi. Dalam perjalanannya sebuah potongan gambar yang berhasil ditangkap oleh sensor tadi akan diproses oleh prosessing chip dan akan membentuk sebuah algoritma dan akan di analisa untuk mereferensi setiap perubahan pergerakan yang terjadi melalui mekanisme x/y axis.
Pada kondisi idealnya, sebuah sensor optik pada mouse sanggup memproses data yang setara dengan 1500 gambar berukuran 3.2 Megapixel/detiknya.
Akan tetapi salah satu kekurangan optikal mouse ialah kurang mampunya sensor bekerja pada permukaan yang mengkilap atau transparent seperti cermin atau kaca sehingga akhirnya munculah laser mouse sebagai generasi penerus selanjutnya.
Laser Mouse
Mouse laser, adalah generasi lanjutan dari mouse optic, kerja LED digantikan oleh sebuah infrared laser diode dan teknologi ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 oleh Logitech dan Agilent Technologies. Prinsip kerjanya sebenarnya kurang lebih sama dimana sebuah sensor peka cahaya disandingkan dengan sebuah diode laser yang akan mendeteksi setiap hal sekecil apapun itu. Karena saking pekanya maka sensor ini sanggup mendeteksi citra sebesar setara dengan 5.8 Megapixel/detiknya, hamper 2 kali lipat dari kemampuan mouse optic.
Wow… mau ganti mouse anda dengan laser mouse…
Coba dech…
Moga manfaat
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar