Rabu, 18 Agustus 2010

Virus dan Mata-mata 3

Assalamualaikum
PENANGANAN VIRUS DAN SPYWARE
1. Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network
Jika komputer antum terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan dan cabut bila perlu untuk memastikan 100% benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer sehingga seolah-olah antum sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.
2. Update dan Scan
Langkah pertama untuk perbaikan jika anda merasa ragu-ragu ataupun merasa yakin bahwa komputer terserang virs atau spyware adalah melakukan update. Update dapat dilakukan baik melalui download internet maupun secara offline jika antum memiliki filenya dari orang lain. Setelah terupdate dengan definition yang baru maka sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.
3. Aktif Pada Komunitas Mailing List / Forum Tentang Keamanan Komputer
Semakin antum banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka semakin banyak orang yang akan membantu jika antum sedang dalam masalah. Jangan takut dan ragu untuk menanyakan masalah yang dihadapi biarpun masalah itu sepele. Gunakan nama samaran jika perlu. Di luar sana terdapat banyak orang yang mungkin pernah mengalami hal yang sama. Di samping itu antum mungkin akan mendapatkan tips jalan pintas, solusi, saran, dan sebagainya dari komunitas tersebut. Biasanya virus dan spyware yang terbaru juga dibahas pada komunitas tersebut.
4. Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar
Jika semua cara telah dijalani dan tidak ada yang memberikan solusi yang memuaskan anrum dapat mengambil jalan pintas terakhir, yaitu dengan memformat ulang hard disk. Pastikan data yang penting sudah ada cadangannya pada medium lain yang tidak terinfeksi virus, spywre serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive dan install os dan prgram aplikasi yang biasa dipakai. Setelah semua ok, maka copy kembali file-file penting pada komputer yang fresh tersebut.
5. Belajar Dari Kesalahan
Buka mata ketika menghadapi masalah dan pelajari dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan bahwa persoalan yang sama akan terulang. Belajar tidak hanya dari masalah sendiri tp juga masalah orang lain bahkan yang tidak dikenal sekali pun.
- Semoga Artikel Ini Dapat bermanfaat.. soale panjang bgt, ngetike ampe capek,.. 3 edisi brooo,… ckckc.k,….
Wassalamualaikum,…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar